Penggalan Hidup, Tugas

HI-Fest FISIP UNSIL KELILING DUNIA

Pokoknya, gokil! Berawal dari pelajaran Hubungan Internasional, si pak dosen awalnya memberi tugas kepada mahasiswa seperti ini:

JIKA KAMU DAPAT MEMILIH TINGGAL TIDAK DI INDONESIA,

KAMU AKAN MEMILIH TINGGAL DI….

Dan otomatis gueeee (asik, gue) milih Jepang!

Why?

Gue kena racun dari budaya pop Jepang seperti : anime, manga dan culture-culturenya yang emang oke banget. Gue adalah generasi 90-an yang memiliki memori indah nonton kartun di minggu pagi sampai siang :’) (sewaktu kecil) dan sampai sekarang menyukai negara pencipta Hamtaro itu!

Dan jeng-jeng-jeng! Ternyata setelah ituh, si Bapak dosen menugaskan kita membuat Festival Hubungan Internasional dengan negara-negara yang awalnya sudah dipilih ituuuu. Kan kelas Matkul HI 2015 itu ada 2 ya, Kelas Rabu dan Kamis, nah ini juga disatuin! Dan si anak-anaknya itu dibagi berdasarkan Kawasan-Kawasan.

Gue otomatis masuk kawasan asia timur dong! *yeee

Dan ternyata, kuantitas kita banyak banget!

Anak-anak FISIP memilih beragam kawasan. seperti, Asia Timur, Asia Tenggara, Eropa Barat, Eropa Timur, kawasan Amerika, dan Timur Tengah. Dan yang menariknya itu, kalau di bagian Eropa ada 30an anak tetapi terdiri dari banyak negara, nah kalau dari Asia Timur itu, ada 30an lebih walaupun negaranya cuman dua! Memang daebak ini yang milih Jepang/Korea Selatan hahaha!

Yang menarik jugaaa, jika yang milih Korea Selatan itu kebanyakan perempuan, kalau yang milih Jepang itu kebanyakan laki-laki. Sugoi pokoknya!

Akhirnya HI-Fest buka dua hari (terlaksana maksudnya) dari jam 10 sampe jam 4 sore (Alhamdulillah gak hujan deres banget, walau hari pertama hujan pas pagi, kalau hari kedua hujan pas mau ke sore)

Selain menampilkan berbagai ciri khas dari setiap Kawasan, Festifal ini juga tidak melupakan esensi dari HI itu sendiri. Kan, sebelumnya kami dikasih tugas tuh, untuk mempresentasikan salah satu(atau semua) dari 12 substansi HI menurut Karl Deutch *kalo salah nulis maap ye*

Dan kelompok guee (asik) cuman menjelaskan substansi tentang Perang dan Damai, Politik Internasional dan Identitas terta Persepsi dan Ilusi dari bangsa Jepang.

Btw di HI-Nippon/Nihon itu terdiri dari anak-anak yang suka jepang karena menjadi : OTAKU, GAMERS, SUKA BUDAYANYA, SUKA TEMPAT-TEMPATNYA, GATAU PENGEN MILIH AJA DA BAGUS, PINDAHAN DARI YANG MILIH NEGARA CINA DLL

POOKOKNYA SERU ABIS! hahaha, ini ni foto2 nyaaaa

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *