Penggalan Hidup, Resensi, review

Resensi Buku Inspirasi: Inggris di Tembok Kamarku

Judul          : Inggris di Tembok Kamarku: Kisah Para Penerima Beasiswa

Penulis        : Enung Nurhayati

Penerbit      : Penerbit Tiga Serangkai

Tahun         : Desember 2015

Jenis           : Buku Inspirasi

Lagi! Buku ini adalah buku pertama yang habis saya baca di awal tahun 2019. Cover bukunya menarik dan terlebih isinya sangat-sangat menarik! Mengupas kisah dan pengalaman mereka yang mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri memang selalu mengagumkan. Perihal mengejar cita-cita, kerja keras, memupuk semangat serta dorongan untuk tidak pernah menyerah. Dalam buku ini, motivasi dan inspirasi tertuang dengan mengalir dan luar biasa. Seperti menularkan semangat, mereka yang memiliki pengalaman berharga adalah guru terbaik yang membuat (saya pribadi) semakin erat memegang mimpi untuk kuliah ke luar negeri. Walau belum pernah bertemu, lewat buku ini saya seolah bercengkerama dan mendengarkan kisah-kisah inspiratif dari orang-orang hebat tersebut.

Ada 23 penerima beasiswa yang membagikan kisahnya dalam buku ini. Disusun melalui beberapa bab tema seperti: Impian dan Keyakinan, Cinta dan Keluarga, Petualangan, Keragaman Budaya, dan terakhir adalah “Oleh-Oleh Perjalanan” yang diisi dengan 9 Inspirasi Kesuksesan. Overall, layoutnya rapih dengan diikuti kutipan-kutipan inspirasi di setiap satu judul tulisannya. Contohnya adalah kutipan dari salah satu yang berjudul “Yang Dibutuhkan adalah Kerja Keras” oleh Rizky Adi Yanuasari yang melangkah ke Jepang, yakni:

“Aku meyakinkan diriku bahwa untuk mencapai sebuah kesuksesan, dibutuhkan kerja keras yang didorong oleh semangat serta dedikasi tinggi dalam mencapai tujuan”. – (Halaman 101)

Adapun kutipan menarik juga menurut Efri Yoni Baikoeni, dalam judul tulisannya “TKI Bergelar PH.D”:

“Niat dan kemauan yang keras untuk menuntut ilmu serta tidak berhenti memperbaiki diri adalah kunci utama.” – (Halaman 65)

Seperti ungkapan pepatah Barat bahwa, knowledge is power,. Ya, ilmu pengetahuan adalah kekuatan. Maka jangan pernah berhenti untuk mencari ilmu dan bekerja keras untuk mencapai suatu tujuan. Banyak sekali pembelajaran dan inspirasi yang saya dapatkan.

Setiap karya akan memberikan dampak, berbagi kisah baik kesuksesan dan kegagalan adalah sharing information yang penting dan patut untuk diapresiasi. Semoga setiap kita dapat menentukan tujuan dan berusaha untuk meraih hal tersebut dengan sebaik-baiknya.

Duh, habis baca jadi makin pengen kuliah ke luar negeri kan…. 😀

Rosi Risalah

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *