Resensi, review

Resensi Novel Religi The Purpose of Life

Judul Buku      : The Purpose of Life

Jenis Buku      : Novel Islami

Penulis             : Alnira

Penerbit           : WahyuQolbu

Tahun Terbit   : 2018

Halaman          : viii+324 hlm, 13 x 19,5 cm

 

Sinopsis

Riley Anderson, pemuda Australia yang sepanjang hidupnya tidak pernah susah, berwajah tampan, bergelimang harta, dan memiliki keluarga yang amat mencintainya. Meskipun demikian, Riley tetap merasa ada ruang hampa di dalam hatinya. Menurutnya ada yang salah dengan tujuan hidupnya. Sesuatu yang sekuat apa pun dia mencari, tapi tetap tidak menemukan jawabannya.

Shafana Kanzia Nadhifah, seorang muslimah mudah yang sedang berada di persimpangan jalan. Isi kepalanya dipenuhi dengan begitu banyak pertanyaan tentang agamanya sendiri. Ia tengah ragu atas keyakinannya. Ia pun sedang dalam pencarian. Keduanya bertemu, dan keduanya saling bertukar isi kepala.

“Ketika cinta akhirnya menaklukan logika.”

IMG_4459

Buku yang menarik, kisah yang disusun sangat rapi dan benar-benar menyentuh siapapun yang membacanya. Merupakan cara dakwah kreatif yang tidak terkesan menggurui. Kak Alnira benar-benar menyusun pemaparan tentang Islam begitu dekat dan mengalir. Siapapun akan merasa lebih mencintai Islam setelah membaca novel religi ini.

The Purpose of Life menceritakan tentang dua orang anak Adam yang tengah gamang dan berada pada titik paling mengguncang kehidupan mereka. Keduanya mempertanyakan arti sebenarnya tentang kehidupan. Siapa yang mengatur sistem di dunia ini? Mengapa harus ada siang dan malam? Dan bagaimanakah eksistensi (keberadaan) Tuhan itu sendiri? Mereka mempertanyakan hal tersebut dari dua sisi latar belakang yang membesarkan mereka. Ada Riley yang memang sedari kecil tidak pernah mengenal Tuhan, dan Shafa yang dimarahi jika mempertanyakan tentang eksistensi Tuhan oleh lingkungan keluarganya yang agamis. Pertanyaan Shafa dianggap tabu dan terkadang dijawab penuh emosi, membuat dirinya bukan mendekat melainkan menjauh dari agamanya sendiri.

Namun berkat hidayah-Nya, sesuatu yang mereka berdua usahakan, Riley dan Shafa pun dapat mengenal keindahan dan kebesaran Islam. Memang dengan ilmu yang sedikit terkadang hanya menimbulkan kesalahpahaman. Keduanya benar-benar terlarut dan akhirnya jatuh cinta dengan Islam.

Buku ini benar-benar bermanfaat dan akan mengenalkan kita terhadap pemahaman Islam yang terkadang selama ini dimaknai dengan salah paham. Dalam buku ini pun dijelaskan untuk selalu mengkaji sesuatu dan mengikuti kajian yang berlandaskan Al-Qur’an, Sunnah dan Itjihad agar sesuatunya sesuai dengan ajaran.  Banyak sekali pelajaran yang terkadang luput dalam kehidupan kita tentang mengenali Islam.

Dalam penuturannya, The Purpose of Life menjelaskan sesuatu dilengkapi dengan sumber dalilnya baik dari Al-Qur’an maupun Hadits. Di setiap pembuka bab, akan ada penggalan ayat Al-Qur’an yang setidaknya relevan dengan pembahasan pokok dalam setiap babnya. Semua dituturkan dengan cara berkisah lewat peristiwa yang dialami dan dirasakan oleh Riley dan Shafa.

Karena sudah menjadi tugas setiap muslim untuk mempelajari, mempraktikan, dan mengamalkan tentang ajaran Islam kepada seluruh dunia. Dan semua itu dimulai dari satu peristiwa yakni belajar.

Semoga kita akan selalu mendapat ilmu yang bermanfaat yang diberikan oleh Allah swt.

Rosi Risalah

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.