Uncategorized

Review Buku Komik : The Grand Legend Ramayana

ckes2awugaanhrs

THE GRAND LEGEND RAMAYANA:

Tampilan Baru Kisah Rama Shinta dengan Sentuhan Modern dan Keren

Hai sobat UNSIL! Bagaimana aktivitas kuliah kalian? Kuliah akan terasa menjadi beban, jika kita mengerjakan semua kegiatan tanpa hiburan. Heem, dan hiburan sendiri bagi saya, adalah membaca komik di sela-sela waktu luang.

Langsung saja, kali ini saya akan mengulas sebuah komik ciptaan asli anak bangsa yang diadaptasi dari kitab Ramayana dari India. Grand Legend Ramayana, bercerita tentang kisah cinta Rama Shinta yang diramu dengan sentuhan modern dan keren. Tentunya komik ini memiliki karakteristik tersendiri, dan sangat berbeda dengan cerita aslinya. Komik ciptaan Is Yuniarto ini merupakan komik serial yang rutin diterbitkan oleh majalah re:ON Comics, sebuah majalah yang mewadahi komik-komik ciptaan asli anak bangsa.

Mei kemarin, The Grand Legend Ramayana Volume ke-2 yang merangkum chapter 6 sampai 11 sudah diterbitkan oleh PT Wahana Inspirasi Nusantara. Sementara sampai bulan September 2016, kita dapat menunggu kelanjutan kisahnya yang sudah sampai Chapter 22 di re:ON Comics. Komik ini menjadi salah satu komik favorit saya karena keunikan cerita dan tokoh-tokohnya.

Dalam komik ini, diceritakan bahwa Rama menolong Shinta saat masih kanak-kanak dari serangan Yaksha. Rama mendapatkan luka dipunggungnya, namun sejak itu ia bertekad untuk menjadi pembasmi Yaksha. Di volume ke dua, Shinta si putri dari Mathila mengetahui bahwa Rama adalah sosok yang menolongnya sewaktu kecil. Kisah ini sangat epic, gambaran perjalanan Rama sampai bertemu kembali dengan Shinta sangat bagus dan unik. Style tokohnya yang memakai pakaian modern serta atribut keraton membuat saya acungkan jempol. Keren dan unik!

Dari dua volume yang saya baca, belum terlihat konflik yang sangat krusial. Namun sedikit demi sedikit kisah ini menampilkan poin-poin penting dalam alur ceritanya. Konflik antar daerah dan historinya begitu kuat. Sampai asal mula Yaksha yang masih menjadi misteri. Dari banyaknya karakter, saya menyukai Laksamana yakni adik dari Rama karena karakternya yang ceria.

Semoga komik ini bisa tetap jaya, dan menginspirasi banyak anak muda untuk terus berkarya!

*

RosiR

Pernah di posting di PERS MAHASISWA UNSIL

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *