buku air mata di ujung malam rosirisalah.comEsai, Opini, Penggalan Hidup, Resensi

Buku Air Mata di Ujung Malam dan Lirik Sufistik Lagu Letto, Sebelum Cahaya

Kekuatan hati yang berpegang janji, genggamlah tanganku, cinta. Ku tak akan pergi meninggalkanmu sendiri, temani hatimu, cinta

– Letto, Sebelum Cahaya

Ada dua hal yang akan dibahas dalam tulisan ini. Pertama Resensi sebuah buku yang menjadi reminder dan lirik lagu Sebelum Cahaya dari band generasi 90an, Letto. Lahir di tahun berapakah kamu? Kalau kamu tahu dan ‘tengiang’ pada lirik lagu di atas berarti kita satu frekuensi dan satu saluran tv di zaman dahulu (*apasih). Ngomong-ngomong, aku baru tahu ternyata Mas Sabrang/ Noe (Vokalis Letto) itu anak kandungnya Emha Ainun Nadjib a.k.a Cak Nun.

(lebih…)
Please follow and like us:
Lanjut Baca
Akeno Camp (1) www.rosirisalah.comPenggalan Hidup

Akeno Camp dan Rahasia Yang Belum Kusampaikan

WARNING: JUDUL ADALAH CLICKBAIT “Kamu werewolf ya?“ “Mana saya tahu, saya kan ikan.” (Teh Peggy, 2020) rosirisalah.com – Berawal dari kegiatan AKENO : sharing session setiap akhir pekan yang sudah mentok (semua sudah kebagian) diberilah opsi lain untuk memilih kegiatan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Saat itu salah satu squad mengusulkan di grup chat: Camping aja yuk~ yuks! Nah, seru …

Lanjut Baca
Artikel, Resensi, review

Resensi Buku 88 Strategi Bisnis ala Rasulullah Yang Tak Pernah Rugi – Ahmad Jarifin

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jumu’ah (62):10) Dari ayat di atas sudah jelas bahwa Islam sangat mendorong umatnya untuk bekerja dan berusaha untuk mencari penghidupan. IDENTITAS BUKU Judul Buku          : 88 Strategi Bisnis ala Rasulullah Yang Tak Pernah Rugi Penulis                 : Ahmad Jarifin …

Lanjut Baca
Asiyah Rosi Risalah-min www.rosirirsalah.comArtikel, Opini, Resensi, review

Review Kisah Asiyah, Sang Mawar Gurun Firaun yang Meminta Kepada Allah Rumah di Surga

Akhir-akhir ini, heran juga sih kenapa saya banyak menghabiskan waktu untuk mendalami sejarah Mesir Kuno. Kebudayaannya memang unik. Tulisan, simbol-simbol, spinx, piramida, mumi dan mitologi lainnya. Memang kalau dipikir-pikir, sejak dahulu, peradaban itu memang sudah besar, dan tentunya mempunyai kekhasan sendiri. Begitulah, akhirnya saya membaca Kisah Asiyah, salah satu dari empat wanita penghuni surga yang pernah diterangkan oleh Rasulullah, yang …

Lanjut Baca
foto bookstagram albiruni - rosirisalah.comArtikel, review

Mengenal Filosofi Tauhid Al-Biruni, Pemikir Polimatik Muslim Abad ke-11

Jadi ceritanya, saya membaca satu lagi dari buku Seri Tokoh Islam yang dicetak oleh Muara, imprint Kepustakaan Populer Gramedia. Ada 6 tokoh yang di bahas dalam seri ini, yakni Avicenna, Averroes, al-Biruni, al-Kindi, al-Khwarizmi dan Albucasis. Kali ini, mengutip dari buku diatas, saya akan coba membahas sosok yang dikenal sebagai pakar astronomi dan ilmuwan muslim abad ke-11, Abu Raihan Muhammad …

Lanjut Baca
Resensi, review

Resensi Buku Mencurigakan yang Sangat Pas untuk Anak Muda

Judul                     : #mcrgknskl Mencurigai Diri Menaklukan Masa Muda Mencurigai Diri Mengokohkan Masa Depan Penulis                 : Salim A. Fillah & Zaky A. Rivai Penerbit              : Pro-U Media Tahun                   : 2018 Tebal                     : 308 hlm Please follow and like us:

Lanjut Baca
Esai, Tugas

Contoh Essay IFSEE : “ISLAM TO MAKE A BETTER WAY OF LIFE IN JAPAN”

Halo, assalamu’alaikum. Sebenarnya ini mau sharing pengalaman aja, karena awalnya saya tuh ikutan program IFSEE untuk exchange ke Jepang, akan tetapi belum kesempatan lolos di tahap wawancara (alias gagal di tahap ini :(( sedih akutuh) wkwkwk. Nah, sebelum ke wawancara itu, diharuskan untuk membuat essay bahasa inggris. Saya tuh, payah banget lah pake b.ing. Tapi, dengan kekuatan do’a, google translate dan dibantu perbaikan …

Lanjut Baca
Opini

Agama Itu Bukan Candaan

Heran aku. Sudah bagus kita hidup diberi buku panduan, kok masih ngeyel? Beberapa hari lalu, aku melihat postingan di sosial media dari beberapa temanku tentang balasan atau semacam keluhan, kenapa orang hijrah kok ributin politik? Orang hijrah itu ya perbaiki sholat duha, bla bla bla, bukan urusin orang pacaran, urusin politik dsb dsb. Pokoknya mengkritik pada orang-orang yang setidaknya menasehati …

Lanjut Baca
Penggalan Hidup, Resensi

Komentar Usai Baca Buku Ini : It’s Easier to Reach Heaven Than the End of the Street: A Jerusalem Memoir

Ini yang sesungguhnya terjadi di Yerusalem. Sebuah penggalan tentang situasi di Yerusalem. Ketegangan antara palestina, apa yang memulainya, pemicunya, pandangan dari kedua belah pihak hingga akhirnya mereka sendiri terjebak. Buku yang diterbitkan tahun 2006, memang sudah cukup lama. Membuat saya semakin bertanya-tanya, situasi mengerikan apa lagi yang terjadi kali ini? Apa yang aku baca adalah gambaran tahun 2006, lalu sekarang …

Lanjut Baca